Selepas 170 Tahun Menghilang,Cendawan Hantu Muncul Kembali



Spesies cedawan Neonothopanus gardner berhasil ditemukan kembali di wilayah Brazil pada 2009 oleh pasukan ilmuwan yang dipimpin Dennis Desjardin dari San Fransisco State University. Sebelumnya, spesies itu dinyatakan menghilang sejak tahun 1840. 
Penemuan kembali spesies tersebut dimuat dalam jurnal Mycologia bulan Julai 2011. Neonothopanus gardner unik karena boleh bercahaya (bioluminescence) dalam gelap seperti kunang-kunang. Cendawan yang boleh memproduksi cahaya acapkali disebut cendawan hantu. Untuk menemukan spesies ini, Desjardin dan rakannya harus keluar pada malam hari, mengarungi hutan, serta waspada dengan serangan ular dan jaguar. Dengan kamera digital, mereka memotret cendawan yang didugabioluminescence dan menganalisis sinarannya, kadang yang tak dapat dilihat mata. "Cendawan ini bercahaya 24 jam sehari selama oksigen dan air ada," kata Desjardin. Hal itu berlainan dengan haiwan bioluminescence yang hanya mengeluarkan cahaya dengan pola semburan. Menurut Desjardin, hal itu menunjukkan bahawa senyawa penyebab cahaya tersedia dalam jumlah melimpah. Menurut Desjardin, cara cendawan ini memproduksi cahaya sama dengan cara kunang-kunang, yakni dengan senyawa luciferin. Enzim luciferace akan memacu interaksi senyawa tersebut dengan air dan oksigen sehingga menghasilkan senyawa baru yang mengemisikan cahaya. Luciferin dan luciferace pada cendawan sampai kini belum dikenalpasti. Alasan cendawan mengeluarkan cahaya juga masih misteri. Ilmuwan menduga, cahaya berperanan menarik serangga, tetapi pada kes cendawan foxfireyang mengeluarkan cahaya di mycelium-nya (unit vegetatif cendawan yang terdiri atas benang-benang halus), cahaya justru membahayakan.  "Kami belum tahu mengapa hal itu terjadi. Mungkin mycelium (dalam kaes foxfire) bercahaya untuk menarik pemangsa serangga dan akan memakannya sebelum serangga sendiri berhasil memakan mycelium. Namun, sejauh ini kita belum punya data pendukung pendapat ini," urai Desjardin. 
Photobucket
Eintan Nurfuzie

Lifestyle Blogger, Veterinarian, Social Media Influencer, Love Travel & Ladies Rider | Any Advertorial, Collaborations and Review : Facebook > Eintan Nurfuzie | Page Facebook > Nurfuzie.com | Group Facebook > Tips dan Rawatan Kucing | Instagram > @eintan_nurfuzie | Twitter > @eintan_nurfuzie | Channel Telegram > Eintan Nurfuzie | Channel Youtube > Eintan Nurfuzie | Email > eintannurfuzie@gmail.com

Post a Comment

Disclaimer
All content provided on this "Blog Nurfuzie.com" blog is for informational purposes only. The owner of this blog makes no representations as to the accuracy or completeness of any information on this site or found by following any link on this site.

The owner of Blog Nurfuzie.com will not be liable for any errors or omissions in this information nor for the availability of this information. The owner will not be liable for any losses, injuries, or damages from the display or use of this information.
This terms and conditions is subject to change at anytime with or without notice.

Previous Post Next Post