Aromaterapi Pilihan Cik EN



asslamualaikum
hari ini cik en nak kongsi satu info untuk pembaca setia cik en
satu info yang cik en rasa akan disukai oleh wanita dan mungkin lelaki juga
mengenai AROMATERAPI
sesiapa yang tahu apa itu aromaterapi?
cik en rasa hampir 98% mesti tahu kan?
sebelum cik en cerita panjang panjang. apa kata cik en beri maksud apa itu aromaterapi


APA ITU AROMATERAPI
  • versi cik en - merupakan rawatan tubuh, minda dan rohani yang menyenangkan. Ia bukanlah sekdar wangian semata mata tapi lebih kepada rawatan stress. Pengubatan holistik yang menggunakan sari pati tumbuhan tumbuhan seperti lavender, ros, jasmine atau dinamakan minyak esensial. Untuk rawatan yang baik adalah daripada original flavour daripada bahan wangian kimia. 
  • versi kamus dewan - Aromaterapi adalah sejenis perubatan atau pencegahan alternatif yang menggunakan bahan volatil tumbuh-tumbuhan atau hasil sulingan ekstrak tumbuh-tumbuhan asli yang beraroma, dikenali sebagai 'essential oils' atau 'therapeutic oil' dan sebatian aromatik lain untuk merubah mood seseorang, fungsi kognitif atau merangsang kesihatan, keseimbangan dan kesejahteraan manusia.
JENIS AROMATERAPI

  • '''Essential Oil Aroma Therapy / Minyak Essensial Aroma Terapi'''
Sesuai dengan namanya, aroma terapi jenis ini berbentuk cairan/minyak. Penggunaannya bermacam-macam, dipanaskan pada tungku (tungku listrik aroma terapi atau tungku lilin aroma terapi), dioleskan pada kain, dioleskan pada bola lampu dan dioleskan pada saluran udara.
  • '''Dupa Aroma Terapi / Stick Incense Aromatherapy'''
Dupa tidak hanya digunakan untuk kegiataan keagamaan tertentu, kini bentuk dupa pun menjadi salah satu bentuk aroma terapi. Dengan bentuk yang padat, sehingga anda tidak perlu takut tumpah. Hanya saja karena jenis aroma terapi ini berasap, aroma terapi jenis dupa lebih tepat digunakan untuk ruangan yang besar atau di ruangan terbuka. Jenis dupa aroma terapi sendiri saat ini ada 3 jenis, yaitu berupa dupa aroma terapi panjang, dupa aroma terapi pendek dan dupa aroma terapi berbentuk kerucut.

  • '''Lilin Aroma Terapi / Candle Aroma Therapy'''
Berkaitan dengan aroma terapi ada 2 jenis lilin yang digunakan, lilin untuk pemanas tungku dan lilin aroma terapi. Lilin yang digunakan untuk memanaskan tungku aroma terapi tidak memiliki wangi aroma terapi karena fungsinya adalah memanaskan tungku yang berisi aroma terapi essential oil. Sedangkan lilin aroma terapi adalah lilin yang jika dibakar akan mengeluarkan wangi aroma terapi.


  • '''Message Oil Aroma Therapy / Minyak Pijat Aroma Terapi'''
Bosan bukan jika dipijat dengan minyak yang baunya aneh-aneh. Nah, variasi baru dari aroma terapi yaitu berbentuk minyak pijat. Wanginya sama saja seperti aroma terapi bentuk lainnya hanya saja bentuk dan cara penggunaannya yang berbeda.
  • '''Garam Aroma Terapi / Bath Salt Aromatherapy'''
Mandi menggunakan air garam hangat dipercaya mampu mengeluarkan toksin/racun yang ada di dalam tubuh. Dengan garam aroma terapi ini suasana mandi air garam anda akan lebih menyenangkan. Untuk menggunakan garam aroma terapi ini sebaiknya anda mandi dengan cara berendam atau bisa juga digunakan untuk merendam bagian tubuh tertentu seperti telapak kaki untuk mengurangi rasa lelah anda.


  • '''Sabun Aroma Terapi / Soap Aroma Therapy'''
Sabun dengan aroma terapi, bentuknya yang saat ini beredar adalah berupa sabun padat namun dengan berbagai wangi aroma terapi, tidak hanya wangi saja namun berbagai kandungan/ekstrak dari tumbuh-tumbuhan dibenamkan di dalam sabun ini sehingga sabun ini juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti menghaluskan kulit, menjauhkan serangga dan lainnya.

KEBAIKAN AROMATERAPI

Dengan gaya hidup masa kini yang semakin sibuk dan terbatasnya waktu bersantai, terapi dengan aroma kini dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk relaksasi, menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

"Salah satu manfaat aromaterapi adalah to please. Membuat perasaan menyenangkan, tenang, damai," ujar Pakar Aromaterapi Evita Zoraya saat acara Molto Aromatherapy Lounge di Senayan City, Jakarta Selatan, Minggu (13/01/2013).

Aromaterapi umumnya berbentuk minyak essensial, dan biasa digunakan di tempat spa atau klinik kecantikan & kesehatan holistik untuk membuat pengunjungnya lebih relaks dan betah. Tapi Anda tidak harus selalu pergi ke spa atau klinik setiap hari untuk mengatasi stres. Rumah Anda pun bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dan menenangkan pikiran dengan manfaat aromaterapi.



WANGIAN DICADANGKAN

1. Kamar Tidur
Kamar tidur adalah tempat di mana kita beristirahat setelah sibuk beraktivitas seharian. Oleh karena itu, Anda memerlukan mood yang tenang dan relaks. Aromaterapi berbasis floral seperti mawar dan Lavender cocok untuk ruangan ini karena efeknya yang menenangkan.

2. Ruang Tamu
Ruang tamu sebaiknya memberi aura yang bersahabat, agar orang yang berkunjung ke rumah Anda merasa nyaman dan disambut dengan baik. Untuk menciptakan mood tersebut, Evita menyarankan untuk menggunakan aromaterapi yang punya efek 'warm' seperti campuran kayu manis, oranye dan sedikit Rosemary.

3. Ruang Keluarga/ TV
"Pilih aroma yang membuat betah, ngobrol lebih terbuka, suasana lebih enak dan nggak ingin buru-buru pergi. Contohnya Grapefruit, Geranium dan Rosemary," tutur Evita, yang memegang sertifikasi sebagai aromatherapist ini.

4. Dapur & Ruang Makan
Sebagai tempat 'berkumpulnya' berbagai macam aroma, mulai dari aroma masakan, bumbu dapur, asap makanan sampai kompor gas, Anda memerlukan aromaterapi yang punya efek deodorizer. Yaitu aroma yang berfungsi 'menyerap' dan menghilangkan bebauan kurang sedap. "Pilih aroma Spearmint dan Maychang (berbentuk seperti batang sereh/lemongrass)," ujar wanita yang bekerja di Aromatherapy & Life Coach Center Scentsibility ini.


JENIS JENIS WANGIAN DAN FUNGSI

Aroma Terapi memiliki berbagai jenis aroma. Masing-masing aroma dalam aroma terapi tersebut memiliki berbagai fungsi yang tidak hanya berguna untuk mengharumkan ruangan atau wewangian namun juga memiliki berbagai fungsi luar biasa bagi kesehatan anda.

  • '''Aroma terapi Basil''': Mengatasi sakit perut, kejang otot dan pegal linu, masalah pernapasan, flu dan demam, lelah mental, sakit kepala, sulit konsentrasi dan mudah gugup
  • '''Aroma terapi Cedarwood''': Untuk infeksi pernapasan dan saluran kencing, penyegar bagi kulit berminyak dan pori-pori tersumbat, ketombe dan gatal-gatal.
  • '''Aroma terapi Chammomile Roman''': Cocok untuk semua permasalahan kulit seperti jerawat, alergi, luka bakar, eksim dan peradangan kulit.
  • '''Aroma terapi Clove''': Mengurangi sakit gigi, diare, kudis, kurap dan kadas.
  • '''Aroma terapi Cubeb''': Untuk penyakit anorexia, selulit dan kurang nafsu makan.
  • '''Aroma terapi Cypress''': Mengatasi tekanan darah rendah, system sirkulasi, wasir, selulit serta mengurangi keringat yang berlebihan dari dalam tubuh.
  • '''Aroma terapi Ginger''': Melindungi tubuh dari rasa kedinginan, demam, mual-mual, pencernaan, anti peradangan, infeksi saluran kencing, kandung kemih, menghancurkan segala jenis parasit usus dan menormalkan tekanan darah.
  • '''Aroma terapi Geranium''': Berkhasiat mengencangkan payudara, menopause, eksim jerawat, pendarahan, tanda melahirkan sekaligus mencerahkan kulit.
  • '''Aroma terapi Grapefruit''': Mengatasi pegal linu, menggigil, sakit kepala, flu dan demam serta membuang racun-racun dalam tubuh.
  • '''Aroma terapi Lavender''': Merawat infeksi paru-paru, sinus, vaginal termasuk jamur, radang tenggorokan, asma, kista dan peradangan lain. Meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, luka terbuka, infeksi kulit dan sangat nyaman untuk kulit bayi.
  • '''Aroma terapi Lemon''': Selain baik untuk kulit berminyak, berguna pula sebagai zat antioksidan, antiseptik, melawan virus dan infeksi bakteri, mencegah hipertensi, kelenjar hati dan limpa yang tersumbat, memperbaiki metabolisme, menunjang system kekebalan tubuh serta memperlambat kenaikan berat badan.
  • '''Aroma terapi Jasmine''': Pembangkit gairah cinta, baik untuk kesuburan wanita, mengobati impotensi, anti-depresi, pegal linu, sakit menstruasi dan radang selaput lendir.
  • '''Aroma terapi Juniper''': Khusus perawatan penyempitan pembuluh arteri dan masalah-masalah yang berhubungan dengan penyumbatan seperti peregangan pembuluh darah, wasir dan selulit.
  • '''Aroma terapi Orange''': Baik untuk kulit berminyak, kelenjar getah bening tak lancar, debar jantung tak teratur dan tekanan darah tinggi.
  • '''Aroma terapi Peppermint''': Membasmi bakteri, virus dan parasit yang bersarang di pencernaan. Melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit, menyembuhkan gatal-gatal karena kadas/kurap, herpes, kudis karena tumbuhan beracun.
  • '''Aroma terapi Rosemary''': Salah satu aroma yang manjur memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, mengendorkan otot, reumatik, menghilangkan ketombe, kerontokan rambut, membantu mengatasi kulit kusam sampai di lapisan terbawah. Mencegah kulit kering, berkerut yang menampakkan urat-urat kemerahan.
  • '''Aroma terapi Sandalwood''': Menyembuhkan infeksi saluran kencing dan alat kelamin, mengobati radang dan luka bakar, masalah tenggorokan, membantu mengatasi sulit tidur dan menciptakan ketenangan hati.
  • '''Aroma terapi Tea tree''': Berperan sebagai tonik kekebalan yang baik mengobati penyakit paru-paru, alat kelamin, vagina, sinus, infeksi mulutinfeksi jamur, cacar air, ruam saraf serta melindungi kulit karena radiasi bakar selama terapi kanker.
  • '''Aroma terapi Thyme''': Menyembuhkan gangguan pencernaan dan jamur, menghancurkan cacing gelang dan cacing pita.
  • '''Aroma terapi Ylang-ylang/Kenanga''': Bersifat menenangkan, melegakan sesak napas, berfungsi sebagai tonik rambut sekaligus sebagai pembangkit rasa cinta.

RUMUSAN

Walaupun keberkesanan aromaterapi perlu pembuktian secara saintifik, tetapi telah ada bukti bahawa 'essential oil' memiliki potensi therapeutik yang hebat. Dua asas utama mekanisma tentang keberkesanannya adalah, pertama pengaruh aroma terhadap otak, terutamanya 'limbic system' melalui 'olfactory system'. Kedua adalah kesan terus farmakologi 'essential oils' berkenaan.

Rumusan 'essential oil ' yang digunakan dalam aroma terapi adalah benar-benar bersifat holistik, yang mana ia sangat berkesan serta memberikan tindakbalas positif terhadap minda, tubuh dan jiwa seseorang. Juga didapati sebahagian kajian klinikal aromaterapi apabila digabungkan dengan teknik-teknik perawatan lainnya, menunjukkan kesan yang sangat memberangsangkan.

p/s : sekarang cik en tengah gila menyalakan aromaterapi kat bilik sewa cik en. sampai ke opis cik en bakarkan. ehhhe smpai mengantuk la staf yang lain. tapi perlu diingatkan minyak essental yang original mahal sikit. kalau nampak ang murah tu adalah bahan kimia. yang original adalah sari pati tumbuh tumbuhan. Cik en lebih meminati lavender dan ocean..
insyallah t cik en akan post koleksi cik en.. :)
Eintan Nurfuzie

Lifestyle Blogger, Veterinarian, Social Media Influencer, Love Travel & Ladies Rider | Any Advertorial, Collaborations and Review : Facebook > Eintan Nurfuzie | Page Facebook > Nurfuzie.com | Group Facebook > Tips dan Rawatan Kucing | Instagram > @eintan_nurfuzie | Twitter > @eintan_nurfuzie | Channel Telegram > Eintan Nurfuzie | Channel Youtube > Eintan Nurfuzie | Email > eintannurfuzie@gmail.com

1 Comments

Disclaimer
All content provided on this "Blog Nurfuzie.com" blog is for informational purposes only. The owner of this blog makes no representations as to the accuracy or completeness of any information on this site or found by following any link on this site.

The owner of Blog Nurfuzie.com will not be liable for any errors or omissions in this information nor for the availability of this information. The owner will not be liable for any losses, injuries, or damages from the display or use of this information.
This terms and conditions is subject to change at anytime with or without notice.

Previous Post Next Post